Sunday 30 September 2012

engaging autism


Engaging Autism Using the Floortime Approach to Help Children Relate, Communicate, and Think

Karya Stanley I. Greenspan & Serena Wieder, Alih bahasa: Susi Purwoko, Editor: Dra. Fridiawati Sulungbudi

Stanley I. Greenspan, M.D. dan Serena Wieder, Ph.D mengembangkan pendekatan DIR/ Floortime™ yang populer untuk berbagai masalah perkembangan anak.

Pendekatan DIR/ Floortime™ mengutamakan BERMAIN, sebagai suatu relasi interaktif yang melibatkan pertukaran afektif/emosional yang memberikan landasan kuat bagi pengembangan keterampilan bahasa, kognisi, maupun keterampilan sosial dan emosional.

Bila dalam buku sebelumnya the Child with Special Needs, Greenspan & Wieder menfokuskan pada ke 6 tahapan dasar perkembangan emosi-intelektual yang perlu dikuasai setiap individu dengan berbagai permasalahan gangguan tumbuh kembang - yang harus dilalui oleh semua anak, baik normal, spesifik dengan autisme maupun dengan gangguan tumbuh kembang lainnya, maka dalam buku Engaging Autism ini pembahasan fokus untuk penanganan individu dengan autisme sejak balita hingga usia sekolah dasar dan remaja, yaitu hingga tahapan ke 9 perkembangan emosi-intelektual yang merupakan landasan bagi kemampuan emosional fungsional sebagai manusia dewasa (tahapan ke 16).

Buku ini juga berisi petunjuk praktis teknik-teknik floortime secara detail sesuai tahapan perkembangan karena teknik floortime bukan hanya untuk balita saja.

No comments: